Kamis, 18 Juli 2013

RANGKUMAN “PENGUASA PASAR K-POP” PER SEMESTER PERTAMA 2013 VERSI GAON

summary gaon Selain merilis rangking perjualan album fisik dan digital, Gaon chart kini juga merilis rangkuman siapa-siapa saja pelaku industri musik Korea yang mampu menjadi “penguasa pasar K-Pop” di semester pertama (Januari-Juni) 2013 ini dan berikut rangkumannya:
20 top artist Untuk 20 artis/kpop idol yang tenar di semester pertama 2013 ini, terjadi hal yang mengejutkan karena tidak ada satupun grup idol pria termasuk didalamnya. Kategori ini hanya diisi oleh 6 soloist pria yang kemudian diikuti dengan 3 soloist wanita lainnya. Selain itu, juga terdapat 2 duet pria (Leessang & Baechigi), 2 duet wanita (Davichi & SISTAR19), 2 band pria dan 2 grup idol wanita (4minute and Girls’ Generation). Sedangkan untuk duet pria-wanita diisi oleh Akdong Musician.

album fisik Beralih ke penjualan album, dari segi penjualan fisik, SM Entertainment adalah “Penguasa Pasar K-Pop” untuk per Semester Pertama 2013 ini yang didapat dari penjualan album artis mereka seperti Girls’ Generation, SHINee, EXO dan Super Junior dengan perolehan 43% dari keseluruhan rangkuman penjualan album K-Pop. Mengikuti setelahnya, terdapat LOEN Entertainment yang mendapatkannya lewat INFINITE serta TEEN TOP dengan perolehan 14% namun seperti kita tahu LOEN Entertainment juga menjadi distributor untuk berbagai label sehingga hasil yang diperolehnya ini merupakan gabungan dari grup-grup yang didistributor oleh Label ini.
Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai peringkat penjualan album fisik ini, silahkan klik link ini.

digital Kemudian dari segi penjualan album secara digital, label YG Entertainment-lah ‘penguasa’-nya lewat ketenaran Psy & Lee Hi dan diikuti Starship Entertainment dengan artis andalannya, K.Will dan SISTAR dengan total perolehan masing-masing 11%. Setelahnya terdapat Core Contents Media lewat duo Davichi untuk perolehan 10% sedangkan label musik lainnya memperoleh persentase yang hampir sama. [Note: Gaon tidak memasukkan CJ E&M label musik teratas karena CJ E&M sendiri juga menjadi distributor untuk label musik berbeda.]
Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai peringkat penjualan album digital ini, silahkan klik disini.

Kemudian untuk kategori distributor berikut adalah rangkumannya:
digital sales Ditinjau dari segi distributor untuk penjualan secara digital, LOEN Entertainment-lah sebagai ‘penguasa’ untuk semester pertama 2013 ini dengan menjual habis lagu digital berbagai label dan mendapatkan tempat sebanyak 48% dari keseluruhan pasar distibusi musik. Hal ini juga dikarenakan LOEN Entertainment sendiri memiliki MelOn yang menjadi keuntungan tersendiri untuk berbagai kegiatan promosi baik untuk artis maupun MelOn sendiri.

fisik distributor Kemudian untuk penjualan album secara fisik, distributor KT Music mendominasi pangsa pasar dengan mendapatkan persentase sebesar 49% dan hal ini juga menjadi sebuah keuntungan tersendiri ketika KMP Holdings dan KT Music menjadi 1 buah perusahaan dimana KMP Holdings’ sendiri menjadi distributor penjualan untuk label-label seperti SM Entertainment, YG Entertainment dan JYP Entertainment sehingga semua pendapatannya termasuk juga untuk KT Music.

chart song Adapun rangkuman yang terakhir adalah dari segi lamanya sebuah lagu menempati peringkat pertama untuk 50 besar lagu terlaris sebuah tangga lagu. Untuk hal ini, “Shower of Tears” dari Baechigi dan “Turtle” Davichi sebagai penguasanya setelah terus-menerus menempati 50 besar tangga musik Korea selama 15 minggu lamanya. Sedangankan “Will You Be Okay?” dari B2ST sebagai lagu yang tercepat keluar dari peringkat ini dimana hanya menempati posisi pertama selama 6 minggu lamanya. [Untuk 4minute - "What's Your Name?", Huh Gak & Eunji - "Short Hair", SISTAR - "Give It To Me" dan Lee Seung Chul - "My Love" tidak termasuk dalam hitungan kali ini karena sampai saat ini mereka masih berada di 50 besar tangga lagu.]
Itulah rangkuman “Penguasa pasar K-Pop” di Semester Pertama 2013 ini, apakah di Semester kedua nanti masih akan dinominasi oleh nama-nama diatas, entahlah~ kita tunggu saja 6 bulan kedepan :)

Source: Gaon via hikpop
Indotrans by HeeRa@KOREANINDO.NET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar