Kamis, 17 Januari 2013

Tutorial Meta Tag SEO Friendly di Search Engine


Penggunaan dan panduan mengenai Tutorial dalam Membuat Meta Tag yang SEO Friendly dengan spider search engine memang sangat diperlukan. Hal ini akan sangat berdampak bagi peningkatan sebuah website atau situs yang kita buat. Bagaimana Anda mengetahui karakteristik Spider mesin pencari seperti Google bekerja?

Anda hanya ingin spider menindeks halaman utama Anda saja ataukah Anda ingin dia mengindeks seluruh isi halaman Anda? Itulah yang dimaksud dengan pemanggilan fungsi Spider dalam menjelajahi sebuah website kita. Untuk itu, Meta Tag sangat penting untuk spider melakukan tindakan yang kita mau. Lalu, bagaimana cara memberi perintah kepada spider dan robot-robot search engine dalam melakukan index halaman blog/website kita? Langsung saja, ikuti panduan dan tutorial cara membuat meta tag seo friendly ( khusus Robots ) berikut ini.

Robots Meta Tag tidak sama dengan file Robots.txt. Kamu harus menggunakan keduanya ini secara terpadu dan bersama-sama. Keduanya memeang dibutuhkan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Pada penggunaan robot meta tag yang umum :
<meta name="robots" content="index, follow">
Dengan Meta Tag seperti itu maka spider dan robot Google akan mengindex seluruh halaman situs web Anda bukan hanya halaman pertama tetapi seluruh isi halaman Anda. Itu mengakibatkan, apabila Anda memiliki link url ke web lain maka link tersebut juga akan dicari oleh robot tersebut. Apabila Anda menggunakan meta tag :
<meta name="robots" content="index, NOFOLLOW">
Maka laba-laba akan mengindex halaman utama Anda. Ini akan sangat memaksimalkan search engine dan tidak dianggap sebagai spam. Karena, biasanya halaman utama website Anda sudah berisi dengan artikel terbaru artikel lama, recent posts dan lainnya. Tentu laba-laba tidak akan  mengindex ulang seluruh halaman Anda.

Meta Tag juga dapat ditulis dengan tanda akhir seperti :
<meta name="robots" content="index, nofollow" />
<meta name="robots" content="noindex, follow" />
<meta name="robots" content="noindex, nofollow" />
Apabila Anda memiliki Komponen Meta Tag Robot yang sama, Anda harus menggabungkan kedua meta tag tersebut menjadi satu agar tidak terjadi konflik. Karena Robot yang dipakai pada sebuah Meta Tag hanyalah satu buah susunan. Berikut ini contoh meta tag yang salah dan harus digabung.

<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOINDEX">
<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOFOLLOW">

Harus digabung menjadi seperti ini :

<meta name="robots" content="noindex, nofollow" />

Meta Tag merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam halaman blog kita. Untuk itu, optimisasi yang baik sangat perli dilakukan. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman. Terimakasih telah membaca artikel berjudul Tutorial Meta Tag SEO Friendly.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar