Jumat, 18 Januari 2013

Panduan Meta Tag Khusus Googlebot Robots


Media Blogger saat ini membuat sebuah panduan khusus mengenai Meta Tag untuk mengarahkan Googlebot Robots dalam melakukan crawling and indexing pada blog kita. Perlu diketahui, pengoptimalan Meta Tag merupakan bagian yang sangat penting untuk kita lakukan. Seperti blog saya ini, baru berkiprah di dunia Blogger pada tanggal 2 Januari 2013 tetapi telah diterima oleh Google Adsense dan juga setiap artikel telah terindex antara 1-6 halaman pertama di pencarian Google.

Bagaimana itu bisa terjadi? Ya, karena saya menggunakan metode SERP Meta Tag dan Building SEO Friendly in My Blog. Oleh karena itu, ikuti langsung panduan meta tag mengenai googlebot ini yang secara gratis ilmunya saya berikan. Untuk memberikan intruksi atau perintah kepada robot mesin pencari, di dalam meta tag dinamakan Googlebot . Sedangkan meta tag robots adalah bagaimana mengatur robot agar bekerja secara maksimal.

Jika Anda ingin memberikan perintah googlebot ke mesin pencari yang berbeda, yang terbaik adalah dengan menggunakan meta tag khusus untuk setiap mesin pencari daripada menggunakan meta robot genetik yang digabung menjadi satu bagian. Contoh :
<meta content='index, follow' name='googlebot'/>
<meta content='follow, all' name='Googlebot-Image'/>
<meta content='follow, all' name='msnbot'/>
<meta content='follow, all' name='alexabot'/>
<meta content='follow, all' name='Slurp'/>
<meta content='follow, all' name='ZyBorg'/>
<meta content='follow, all' name='Scooter'/>
<meta content='ALL' name='SPIDERS'/>
<meta content='ALL' name='WEBCRAWLERS'/>
Lebih baik menggunakan Meta Tag Googlebot seperti diatas, daripada menggunakan meta robot genetik seperti ini :
<meta content='Aeiwi, Alexa, AllTheWeb, AltaVista, AOL Netfind, Anzwers, Canada, DirectHit, EuroSeek, Excite, Overture, Go, Google, HotBot. InfoMak, Kanoodle, Lycos, MasterSite, National Directory, Northern Light, SearchIt, SimpleSearch, WebsMostLinked, WebTop, What-U-Seek, AOL, Yahoo, WebCrawler, Infoseek, Excite, Magellan, LookSmart, bing, CNET, Googlebot' name='search engines'/>
Dalam Meta Tag tersebut pemberian index googlebot dengan nama search engine merupakan hal yang salah dan tidak akurat. Karena beberapa nama seperti Yahoo, AOL itu merupakan search engine. Jadi akan mengakibatkan error diantara kedua elemen meta tag tersebut.

Googlebot sangat memahami penggunaan huruf kecil, spasi dan besar apabila di dalam meta tag berisi meta yang ditafsirkan sebagai berikut :

<meta name="ROBOTS" content="NOODP">
<meta name="robots" content="noodp">
<meta name="Robots" content="NoOdp">
Tetapi, jangan sampai salah dalam menuliskan perintah "noodp", maka apabila salah menuliskan huruf besar dan kecil ini akan sangat berakibat dan berbeda arti. Karena fungsi noodp adalah menonaktifkan directory project kita ke dmoz atau directory yahoo. Penggunaan yang benar adalah dengan menggunakan huruf kecil.

Googlebot menafsirkan nilai-nilai meta tag robots seperti :

  1. NOINDEX - mencegah halaman dari yang termasuk dalam indeks.
  2. NOFOLLOW - mencegah Googlebot mengikuti link apapun pada halaman. (Catatan bahwa ini berbeda dari atribut NOFOLLOW link-level, yang mencegah Googlebot mengikuti link individu.)
  3. NOARCHIVE - mencegah salinan cache dari halaman ini dari yang tersedia dalam hasil pencarian.
  4. NOSNIPPET - mencegah deskripsi dari bawah muncul halaman dalam hasil pencarian, serta mencegah caching halaman.
  5. NOODP - blok Proyek deskripsi Open Directory halaman dari yang digunakan dalam deskripsi yang muncul di bawah halaman hasil pencarian.
  6. NONE - setara dengan "NOINDEX, NOFOLLOW".
  7. Sebuah kata tentang isi "NONE" berarti nilai.
  8. Seperti yang didefinisikan oleh robotstxt.org, arah berikut berarti NOINDEX, NOFOLLOW.
Anda juga dapat menambahkan elemen meta tag <meta content='10' name='pagerank™'/> dan <meta content='1, 2, 3, 10, 11, 12, 13, ATF' name='serps'/>

Sedangkan meta tag berisi '2 days' dalam nama revisit after sebaiknya tidak digunakan. Karena ini mengindikasikan pengunjung yang telah berkunjung, banyak diantaranya 2 hari kemudian akan berkunjung kembali. Namun, robots meta tag pada SERP SEO tahun 2012 dan 2013 tidak lagi mengindex fungsi meta data tersebut. Terimakasih telah membaca artikel mengenai Panduan Meta Tag Khusus Googlebot Robots.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar