Minggu, 27 Januari 2013

Apakah Manfaat Tukar Link mempengaruhi SEO

manfaat tukar link untuk SEO

Benarkah Tukar Link bermanfaat untuk SEO di Blog Anda? Manfaat dari membuat Tukar Link dengan blog orang lain sebenarnya bagus untuk memperbanyak keterkaitan dan hubungan yang baik. Namun, apakah tukar link itu dapat mempengaruhi SEO Exsternal di dalam Blog Anda? Untuk lebih jelasnya, mari baca lebih detail lagi di artikel ini.

Pada dasarnya bertukar link adalah sebuah konsep membangun kekuatan yang erat dan memperbanyak lalu lintas link pada Blog kita yang diizinkan oleh Google. Mengapa diizinkan? Karena sebuah website professional pun juga membuat backlink antar website lain yang memiliki tema yang sama dan sebagai relasi bisnis yang baik. Namun terkadang banyak sekali kesalahan dalam aktifitas bertukar link sehingga Google membencinya. Google tidak membenci pada aktifitas tukar link dengan tujuan memperbanyak traffik pengunjung tetapi Google sangat tidak menyukai fungsi yang digunakan untuk meningkatkan peringkat ( rangking / pagerank ) setiap kali bertukar link.

Kesimpulannya, tukar link dengan jumlah yang berlebihan akan dianggap sebagai SPAM oleh Google. Itulah sebabnya terkadang apabila kita bertukar link, jumlah Links In pada blog kita tidak bertambah 1 pun. Hal ini disebabkan Google mempunyai 2 parameter penilian dalam mengindikasikan fungsi dan manfaat dari tukar link.

Manfaat Tukar Link yang tidak baik untuk SEO disebabkan oleh :
1. Tukar Link dengan Jumlah yang Berlebihan
Dalam melakukan tukar link sebenarnya tidak dibenarkan melakukan aktifitas bertukar link secara maksimal.  Batas untuk melakukan tukar link adalah 3 hari untuk setiap 1 link. Atau pembuatan tukar link telah dipersiapkan terlebih dahulu sebelumnya dan menaruh beberapa link maksimal 9 saat pertama kali halaman tukar link tersebut dibuat.

2. Bertukar Link dengan Blog berbeda Topik dan Tema
Sering kali dalam melakukan tukar link dengan blog orang lain adalah tidak memperdulikan perbedaan topik yang sesuai dengan isi pada halaman blog kita. Google tidak menyukai bertukar link dengan 2 buah blog yang berbeda isinya. Karena manfaat umum dari aktifitas bertukar link adalah untuk mencari keterkaitan yang dibutuhkan pengunjung pada saat pengunjung belum memiliki informasi dan kebutuhan yang didapat dari blog yang didatanginya. Oleh karena itu, tukar link harus disesuaikan dengan isi dan topik artikel pada halaman blog kita.

3. Penempatan Links Exchange pada Sidebar
Link Exchange atau tukar link kerap kali salah dalam menempatkan posisinya di halaman blog kita. Beberapa website professional menempatkan identitas tukar link hanya pada sebuah halaman. Mengapa hanya ditempatkan di 1 halaman? Ya. Karena, apabila menempatkan semua link di halaman utama atau homepage maka akan membuat berat dari komposisi blog kita akan bertambah dan Spider Google tidak menyukai bahkan malas untuk mengindeks halaman Anda apabila terlalu banyak link yang ada di halaman utama blog / homepage. Parahnya lagi, apabila semua link tersebut hadir di semua halaman blog. Sebenarnya , Anda dapat menampilkan sebuah widget blog hanya di Homepage atau Postingan saja. Tentu akan sangat tidak baik, dan bahkan dinilai sebagai tindakan tukar link yang salah dan menghancurkan SEO On
Page halaman anda.

Mesin pencari atau search engine sangat menyukai situs dengan penambahan jumlah link yang meningkat secara stabil. Hal ini dianggap sebagai salah satu manfaat dari aktifitas tukar link itu sendiri yang baik terhadap SEO. Beberapa alasan yang dianggap buruknya suatu blog yang sering bertukar link adalah :

  • 1. Memperberat weight / tinggi sebuah link pada blog. Yang berakibat, Anda harus memperbanyak jumlah kata pada setiap postingan apabila blog Anda ingin diindex bukan kumpulan link orang lain yang akan diindex.
  • 2. Menurunkan Reputasi Blog dengan penggunaan Link Internal yang terlalu banyak dalam 1 halaman. Maksimal perhalaman adalah memiliki 100 Link. Link tersebut diukur bukan hanya dari segi link aktif ( eksternal ) tetapi juga dari internal link blog Anda.
  • 3. Ketidakjujuran antar blog yang bertukar link. Sering kali, Anda bertukar link tetapi link Anda beberapa hari kedepan dihapus oleh Blog Orang lain tersebut.
  • 4. Apabila jumlah total Link Internal tidak mencapai 70 Link tetapi Link Exsternal melebihi Link Internal. Maka anda akan terkena Penalty Google. Karena Link Internal harus lebih tinggi 35Link terhadap Link Eksternal.
  • 5. Bukan merupakan Traffik Jangka Panjang. Apabila blog orang lain terkena Penalty Google suatu saat, maka Anda akan termasuk dalam ketidakbersihan aktifitas bertukar link sehingga traffik pengunjung blog pun akan menurun drastis.


Oleh karena itu, diharapakan kepada ssahabat untuk menjaga aktifitas link Anda yang terjalin ke blog Orang Lain. Agar senantiasa link Anda dapat terukur dan teroptimisasi dengan baik. Itulah tadi penjelasan yang cukup panjang mengenai manfaat tukar link dalam mempengaruhi halaman yang SEO Friendly. Terimakasih telah membaca artikel berjudul "Apakah Manfaat Tukar Link Mempengaruhi SEO" ? Semoga dapat bermanfaat. Anda juga dapat melakukan tukar link dengan blog ini di halaman Fungsi dan Kegunaan Tukar Link di Blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar