Kamis, 03 Januari 2013

Cara Mengetahui RSS,Atom dan Feed Blog

RSS Feed atau yang biasa dikenal sebagai sebuah sindikasi umpan balik dari sebuah URL yang ada dalam konten Web. Jadi, RSS ini berfungsi sebagai media untuk mempublikasikan dan mengizinkan beberapa isi serta dokumen yang ada diblog kita ke situs lain, email, social network dan lainnya untuk memudahkan pengunjung membaca artikel kita setiap harinya.

Cara Mengetahui RSS Feed atau elemen Atom ini cukup mudah. Untuk Tipe Blog seperti blogger kode URL RSS Feed nya adalah dengan menambahkan html berikut seperti terlihat dengan warna merah.

http://www.mediabloger.com/feeds/posts/default?alt=rss
Untuk Wordpress berikut URL Feednya :
http://namadomain.wordpress.com/feed

Untuk yang masih bingung, mengenai Cara Mengetahui RSS Feed website kita, bisa juga dengan memanfaatkan media feed gratis dari Google yaitu Feedburner Google.
1. Kunjungi :  http://feedburner.google.com/
2. Login dengan akun Google anda
3. Masukkan URL blog/web anda pada kotak tersedia, lalu tekan next
4. Jika CMS ( Content Management System ) blog anda menyediakan script RSS feed , maka dihalaman berikutnya akan otomatis muncul URL feed blog anda.Tapi jika tidak ada script RSS feednya , maka Feedburner akan memberitahu bahwa feed blog anda tidak ada, dan tdk valid.
5. Untuk blog dengan CMS blogger (blogspot) ,karena disediakan dua macam URL feed, maka oleh feedburner nantinya kita akan disuruh untuk memilih yg mana ? Yang ATOM atau yang RSS ? Pilih saja salah satu yah.. keduanya sama aja kok ,yaitu sama-sama untuk menampilkan update blog setiap kali mengeluarkan posting atau halaman baru.

Disana ada dua buah URL Feed blog atau website kita. Jika blogger akan ada dua hasil, terserah Anda untuk memilih yang mana. Tetapi,jika website mungkin ada satu atau bahkan lebih dari dua url RSS feed dan ATOM

RSS adalah berbasis XML dan dapat digunakan dalam cara yang berbeda untuk distribusi konten manajemen, penggunaan yang paling luas adalah untuk mendistribusikan berita terbaru dan utama yang ada di blog atau website kita. Untuk versi RSS Feed pun ada 3 macam yaitu RDF Site Summary (RSS 0.9, RSS 1.0), Rich Site Summary (RSS 0,91, RSS 1.0) , Really Simple Syndication (RSS 2.0). Semoga Membantu dan bermanfaat artikel mengenai Cara Mengetahui RSS,Atom dan Feed Blog.


Unique Code : CVZCP5XY3QB8
URL              : http://www.mediabloger.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar