Selasa, 26 Februari 2013

Tips Mendapatkan Sitelinks Google di Webmaster Tools

cara mendapatkan sitelinks
Seperti yang telah kita ketahui, Sitelinks atau tautan situs sering terlihat pada hasil pencarian Google Search pada sebuah blog/website. Kegunaan munculnya sitelinks ini adalah membantu pengunjung untuk membuka beberapa taut situs yang tampil agar mempermudah informasi yang dicarinya untuk diketahui.

Sitelinks adalah beberapa link yang ditampilkan oleh search engine dari isi sebuah situs berdasarkan algorithma dan penilaian khusus yang diberikan oleh mesin pencari tersebut seperti Google. Sitelinks ini merupakan sebuah link tambahan (sublinks) yang dibuat oleh google berdasarkan analisa terhadap sebuah website.

Contoh tampilan sitelinks di hasil pencarian Google.
sitelinks di webmaster google tools
Tips Mendapatkan sitelinks Google di Webmaster Tools :

  1. Buat arsitektur link blog lebih mudah ditelusuri oleh spider google
  2. Buat Menu Navigasi disertai Kategori / Label pada blog Anda.
  3. Daftarkan blog ke Google Webmaster Tools
  4. Pada saat menulis artikel, jangan menggunakan anchor text 'klik disini' atau yang lainnya. Lebih baik gunakan kata kunci pada artikel tersebut yang terkait dan relevan tanpa menggunakan pengulangan keyword.
  5. Semua gambar pada postingan artikel harus menggunakan attribut img dan alt yang berbeda kata kunci.
  6. Gunakan Menu Navigation di bawah Postingan.
  7. Meta tag pada deskripsi anda harus sesuai dan berkaitan dengan keyword.
Semoga tips yang saya berikan tadi dapat membantu anda untuk mendapatkan hadiah sitelinks dari google. Sitelinks akan ditampilkan pada mesin pencari google berdasarkan keyword tertentu. Seperti yang pernah saya buat di postingan sebelumnya tentang cara membuat keyword yang tepat dan SEO Friendly di blog pada search engine.

Untuk mengetahui blog anda telah memiliki sitelinks , dapat masuk ke halaman login di google webmaster tools , kemudian Di Dashboard  pilih website yang akan di cek sitelinksnya buka halaman Site configuration , kemudian pilih Sitelinks.

Agar mempermudah anda mengatasi masalah meta tag yang kurang bagus, dapat membaca Panduan Meta Tag SEO untuk Blog

Manfaat dan Fungsi dari Sitelinks :
  • Mempermudah pengunjung melihat sublinks dan isi yang ada pada sebuah website agar lebih mudah dicari.
  • Mendapatkan backlink gratis dari mesin pencari google (GBL) yang lainnya.
  • Blog akan mudah terindeks google dan lebih menempati urutan 10 SERP di mesin pencari.
  • Akan mendapatkan pagerank minimal 1.
  • Dapat meningkatkan visitor organik pada penelusuran search engine.
Dengan manfaat yang begitu banyak, tentu mendapatkan sebuah sitelinks akan sangat bermanfaat agar blog kita dapat terindeks dengan cepat dan mudah. Sitelinks ini biasanya dipengaruhi oleh pengaturan Sitemap di Webmaster Tools. Dan Google Analytics hanya membantu menghasilkan data dari sitelinks yang akan dibuat. Jadi lakukan verifikasi pada Google Analytics anda.

Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Jika ada kesalahan mengenai penulisan artikel tersebut,anda dapat memperbaiki serta menganalisa sendiri dengan menuliskan di dalam kotak komentar blog ini dan akan dijadikan relevansi untuk perkembangan saya kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar