Minggu, 10 Februari 2013

Memperbaiki URL Error yang dicekal di Webmaster Tools

Memelihara dan menjaga setiap artikel kita agar tetap terindex di search engine perlu dilakukan. Di dalam Google Webmaster Tools kita akan melihat berbagai macam pengaturan dan kinerja mengenai statistik penelusuran mengenai halaman situs kita. Lalu, apabila terjadi kesalahan dan banyak url yang tidak terindex ke search engine, Bagaimanakah cara memperbaiki url yang rusak tersebut ?
crawl error in webmaster tools

Di Artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai tips dan cara memperbaiki url error / url yang dicekal di dalam Google Webmaster Tools. Sebelum melangkah lebih lanjut mengenai berbagai macam kesalahan url yang terjadi, lebih baik kita memahami terlebih dahulu mengenai Crawl Error. Crawl Error adalah kondisi di saat bot search engine tidak dapat menemukan konten yang dirayapi. Mungkin disebabkan oleh permalink yang diubah, posting yang dihapus, perpindahan subdomain, ataupun karena memang kita sengaja mengubah semua hirarki folder website kita. Webmaster tool memang sangat membantu dalam menunjang posisi dari website situs kita. Jadi kita akan segera diberitahu manakah url yang mati, url yang rusak, atau sedang mengalami error code 404.

Dalam dunia SEO crawl error juga cukup berpengaruh. Semakin banyak halaman yang mengalami missing link maka Googlebot akan semakin sulit untuk mengunjungi situs anda. Dalam blog yang saya buat ini ada 9 url yang dicekal, 4 url tidak ditemukan. Dan setelah saya perbaiki, link saya telah aktif semua dan hanya 1 url yang dicekal.
url yang dicekal
Blogger pada tahun 2013 ini memliki berbagai macam fitur dan pengolahan sistematic baru dan beberapa method algoritma yang ditambahkan. Untuk memperbaiki Crawl Error yang terjadi di bagian Health ( Kesehatan ) , lalu Kesalahan Perayapan anda akan menemukan url yang tidak ditemukan di halaman situs Anda. Untuk cara memperbaikinya, Anda cukup scroll mouse ke bawah dan lihat semua url yang tidak ditemukan tersebut. Apabila, memang benar semua link tersebut tidak ada dan salah cara memperbaikinya adalah :

  • Ceklis / Centang semua URL Error.
  • Click Tandai Sebagai telah Diperbaiki / Check Mark as Fixed.
Tunggu hingga 2 hari untuk mengecek kembali apakah url yang tidak ditemukan dan rusak tersebut telah selesai diperbaiki. Jika kesalahan terjadi di bagian Sitemap, kita review ulang apakah sitemap yang kita pakai valid dengan url-url yang ada.

Sitemap secara umum dan benar adalah seperti berikut ini :
http://www.mediabloger.com/sitemap.xml
Sampai tahap ini anda telah selesai memperbaiki Crawl Error di Webmaster Tools.

1. Cek terlebih dahulu sitemap yang anda pakai.
2. Jika sitemap Anda tipenya adalah Atom dan bukan Peta Situs. Cek apakah URL Yang terkirim dan terindex, memiliki jumlah yang sama dengan total url yang telah dipbulikasikan di halaman blogger anda.
3. Di dalam robots.txt, ubahlah pengaturan Googlebot Anda. Anda boleh mengubahnya jika Anda telah menerima pesan error dari Googlebot dan statistik perayapan.
Ubah disallow: /search menjadi disallow: seperti terlihat pada gambar berikut
4. Jika, Anda belum mendapatkan pesan error itu disebabkan oleh pengaturan bot dari metatag Anda. Perlu Anda ketahui dalam membuat perintah index dan follow kepada robot google , lakukan pengoptimalan dihalaman Article Anda atau dengan menggunakan metatag tambahan. Karena dalam metode pencarian artikel sebaiknya rubah strukturnya menjadi nofollow dan noarchive. Ingat, perubahan ini bukan untuk metatag, tetapi untuk metode Search Preferences yang ada pada option di menu Blogger. Karena perintah robot di meta tag adalah untuk semua data baik itu attribute url, artikel, judul, halaman, dan lainnya. Sedangkan menu Search Preferences adalah untuk pengecualian terhadap method search url di artikel agar tidak terjadi duplicate content dan crawl error. Menu ini ada di Setting > Custom robots header tags.

5. Anda dapat mengganti dan memperbaiki robots.txt dengan cara Login ke Blogger > Setting > Search Preferences > Ceklis Enabled Edit custom robots.txt.

Dalam memperbaiki url yang dicekal memang sangat berhati-hati, karena apabila terjadi kesalahan seperti penggunaan slash ( / ) yang tidak disertai perangkat attribute maka akan menonaktifkan semua hasil penelusuran. Semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda semua dalam menghadapi masalah "Memperbaiki URL Error yang dicekal di webmaster google tools".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar