Sabtu, 09 Februari 2013

Cara Membuat Blog Gratis

Cara Membuat Blog Pribadi Gratis di Blogger | Cara Buat Blog dengan Mudah dan Cepat - Artikel kali ini dikhususkan untuk Anda yang baru mengenal blog di dunia internet yang serba canggih ini. Pada umumnya cara membuat sebuah blog tidak membutuhkan waktu terlalu lama dan dapat dibuat dengan gratis. Beberapa penyedia layanan pembuatan blog yang gratis diantaranya adalah Blogger.com , Wordpress.com , Multiply dan lainnya. Sedangkan untuk yang berbasis framework dan berbayar seperti Wix, Codeignitier, Joomla dan lain sebagainya.

Buat Anda yang sudah memahami tentang cara membuat blog, artikel ini boleh dibaca atau juga tidak tetapi untuk yang masih pemula silahkan ikuti panduan dan tutorial lengkap mengenai cara buat blog gratis dengan platform Blogger ini. Mengapa saya merekomendasikan kepada kalian semua harus memilih blogger?

Beberapa alasan mengapa Anda membuat blog gratis dengan Blogger.com adalah :
  • Blogger merupakan Product dari Google.
  • Support ke semua layanan Google, seperti Gmail, Google Plus, Google Analytics dan sebagainya.
  • Mudah untuk melakukan pengeditan ( HTML 5 dan CSS )
  • Tampilan yang simple dan mudah digunakan serta dipahami.
  • Memiliki berbagai macam jenis template gratis yang dapat anda gunakan dimanapun.
  • Plugin dan Gadget telah ada di dalam blogger tersebut hanya tinggal kita tambahkan atau tidak.
Sebenarnya ada banyak sekali layanan blog gratis yang bisa kita pakai, tetapi untuk yang belum bisa membuat blog lebih baik membuat blog di blogger.com saja, karena menurut saya blogger.com sangat cocok sekali untuk yang baru belajar. Untuk cara membuat blog gratis di layanan seperti wordpress dan blogdetik insya Allah akan saya bahas ditulisan yang lainnya.

1. Syarat pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat blog di blogger.com adalah mempunyai akun email di gmail.com. Dengan mempunyai email di gmail.com bukan blogger.com saja yang bisa diakses tapi semua fasilitas dari google bisa di pakai. untuk membuat akun email gmail silahkan ketikkan gmail.com dibrowser sobat, atau klik disini. Lalu klik buat akun.
cara daftar gmail
2. Kemudian akan muncul formulir mengenai data-data yang harus Anda isi. Hampir sama ketika kita mendaftar di Facebook, maka diwajibkan untuk kita mengisi formulir mengenai data-data pribadi yang dibutuhkan.
cara buat blog

3. Dalam mengisi Nomor Telepon harap masukkan dengan nomor aktif handphone Anda. Karena ini dibutuhkan untuk melakukan verifikasi email di Gmail.com.

4. Lalu klik Submit atau Langkah berikutnya. Dan akan muncul proses verifikasi melalui handphone seperti gambar berikut ini :
verifikasi akun gmail
5. Lihatlah kode verifikasi yang diberikan ke HP / Telephone anda. Lalu, masukkan kodenya di kotak verifikasi tersebut. Untuk pengguna 3 atau Axis mungkin pengiriman kode dengan SMS dari google akan sedikit lama terkirimnya, jadi harap tunggu.

6. Masukkan foto beserta informasi data pribadi Anda. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi akun Anda di Gmail, Google+ dan Blogger.
cara buat blog
7. Pada langkah selanjutnya, langsung saja klik Lanjutkan ke Gmail.
8. Maka akan langsung muncul tampilan email di inbox Gmail anda, contohnya seperti email punya saya ini yang telah saya ganti temanya menjadi gelap. Anda juga dapat melakukan pengeditan themes, panduannya ada di 3 email yang dikirimkan oleh Google.
9. Dari tampilan di atas di bagian pojok kiri Atas ada nama akun Gmail kalian dengan tambahan +, itu adalah link menuju akun Google Plus Anda jadi akan terhubung terus.

10. Sampai dengan tahap ini, akun di Gmail telah selesai dibuat.

11. Sekarang saatnya untuk memulai cara pembuatan blog di blogger dengan mudah. Karena tadi kita telah membuat akun Gmail, jangan keluar dari akun tersebut agar dapat secara otomatis terhubung ke blogger.

12. Masuk ke blogger.com atau dapat klik disini . Lalu, masukkan password anda di gmail.

13. Selanjutnya kalian akan diminta untuk memilih salah satu dari 2 pilihan ini. Pilih yang pertama / nomor 1 agar blog anda dapat senantiasa terhubung ke google+ dan akan lebih mudah terindex di search engine.
email di gmail.com
14. Langsung saja klik Next untuk melanjutkan.

15. Klik Ikuti agar pada google plus anda setidaknya telah terhubung ke orang orang di dalam circles atau lingkaran Anda. Hampir sama ketika Anda menggunakan Twitter dengan klik Follow.
personalisasi gmail
16. Kemudian masukkan informasi data dan foto kalian. Lalu, klik Next atau Finish.

17. Pada tahap selanjutnya, klik Lanjutkan ke Blogger.
cara buat blog di blogger
18. Setelah itu, Anda akan secara otomatis masuk ke akun Blogger. Sampai disini akun di Blogger anda telah aktif tetapi belum melakukan langkah pembuatan blog. Untuk membuat sebuah blog klik New Blog atau Create Blog. Terletak di pojok kiri atas, dibawah Nama Akun Blogger Anda. Contoh seperti gambar berikut :
buat blog baru
19. Dari gambar diatas, Di bawah kata Ahmad Ridwan Blog's ada tulisan New Blog, klik bagian tersebut untuk membuat Blog baru.

20. Lalu, masukkan judul , url, dan nama blog anda.
cara membuat blog
Judul Blog adalah sebuah judul yang merupakan sebuah kata utama mengenai isi blog Anda. Jadi, apabila anda ingin membuat blog untuk berjualan maka buatlah judul yang berkaitan dengan kata jualan. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi kesuksesan blog Anda.
URL adalah alamat blog anda. Alamat ini digunakan untuk melihat blog Anda dan mengarahkan pencarian search engine ke halaman kalian.
Template Blog adalah bagian antarmuka dari tampilan blog Anda yang akan diperlihatkan ke publik atau semua orang.

21. Klik Create Blog.
22. Setelah selesai dibuat. Anda akan diarahkan ke halaman Dashboard Blogger. Untuk melakukan posting artikel klik Start Posting. atau klik gambar pensil berwarna orange. Dianjurkan kepada Anda yang ingin berbisnis melalui Google Adsense pilih bahasa menjadi English. Karena apabila blog Anda menggunakan bahasa Indonesia tentu tidak akan diterima.
memulai di blogger
23. Untuk menulis, silahkan isi di kotak besar paling besar adalah isi artikel. Sedangkan diatasnya adalah Judul Artikel. Dan di bagian samping kanan isikan Labels atau kategori dari artikel Anda. Anda dapat mengisinya sesuai keinginan Anda. Lebih baik isi dengan 1 atau 2 kata saja, jika ingin menambahkan kategori pakailah tanda koma ( , )
cara membuat posting
24. Jika telah terisi dan sesuai dengan artikel yang ingin anda buat. Klik Publish atau Publikasikan. Apabila Anda ingin menyimpannya saja tanpa terlihat ke orang lain dan masih belum selesai dalam membuat artikel, klik Draft. Untuk melihat bagaimana hasilnya klik Pratinjau.

25. Setelah Anda klik Publish maka secara otomatis postingan artikel tersebut dapat dilihat oleh orang lain di dalam blog Anda.

26. Untuk melihat silahkan klik Lihat Blog.
cara buat blog pribadi
27. Sampai disini Anda telah selesai membuat blog.

Itulah tadi, cara membuat blog gratis dengan mudah di blogspot. Untuk meakukan posting kedua caranya adalah klik Nama Blogger Anda sesuai dengan gambar langkah no.26 yang ada di kotak sebelah kiri diatas. Mungkin bagi Anda yang masih pemula, membuat blog itu susah. Tetapi, ketika anda telah menjalaninya secara rutin tentu akan terasa sangat mudah. Apalagi blogger.com adalah media untuk membuat blog gratis dan tidak perlu kita melakukan pembayaran. Dari, pembuatan blog ini biasanya dimanfaatkan untuk memasang iklan , mencari uang, dan lainnya. Untuk membuat tampilan Anda lebih interaktif dan disukai pengunjung dapat mendownload template disini .

Terimakasih telah mengikuti langkah-langkah mengenai panduan dan tutorial cara membuat blog gratis di blogger. Apabila ada pertanyaan, saya akan membalas dan menjawab pertanyaan kalian dengan senang hati di kotak komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar