Minggu, 10 Februari 2013

Cara Mengganti Template Blog

cara ganti template
Pada tutorial blogger ini, Media Blogger akan memberikan tips mengenai cara mengganti template di blog dengan mudah. Seperti yang kita ketahui, template digunakan untuk menghiasi halaman dinding situs kita di blog, website, dan lain sebagainya. Tetapi, saya akan memberikan cara mengganti template hanya di blogger saja.

Pada saat pertama kali kita mendaftar untuk membuat blog, kita diharuskan untuk memilih template awal yang akan kita pakai. Mengapa harus menggunakan template? Ya, karena template adalah gabungan dari script kode HTML 5 dan CSS. Selain itu, untuk template web 2.0 saat ini sudah dapat digabung dengan fasilitas Javascript, JQuery, AJAX dan lain-lain. Tidak seperti website dengan platform berbassis Codeignitier, membuat, mengolah, dan mengganti template akan membutuhkan waktu yang sangat lama karena memakai berbagai macam bahasa pemrograman disertai teknik MVC ( Model,View,Controller ). Kalau dengan platform blogger, kita hanya perlu mencari template gratis yang kita mau. Carilah template yang SEO Friendly agar blog kita mudah terindex di search engine.

Cara Mengganti Template Blog adalah sebagai berikut :
1. Siapkan terlebih dahulu, template yang ingin diganti.
2. Exstract template apabila masih berbentuk file archive .RAR atau .ZIP
3. Kita hanya membutuhkan file dengan ekstensi .xml . Sebagai contoh template saya adalah impoint.xml
4. Login ke Blogger
5. Klik Nama Blog Anda, Lalu pilih Template.
cara backup template
6. Sebelum mengganti template, saya sarankan lebih baik Anda membackup data terlebih dahulu. Cara Backup template dan mengganti template dapat dilakukan di kotak Backup/Restore seperti gambar diatas.
7. Klik Backup/Restore.
cara mengganti template
8. Nah, untuk opsi no. 1 adalah buat anda melakukan backup template. Klik Download full template.
9. Untuk mengganti template blog, Anda klik opsi no.2 yaitu Choose File.
10. Pilih file dengan ekstensi .xml tadi untuk dijadikan template Anda.
11. Klik Upload.
12. Klik Pertahankan Widget.
13. Kalau Anda memilih Delete Widgets maka secara otomatis sidebar Anda akan kosong dari widget apapun dan lebih susah lagi untuk membuat masing-masing widget baru.
14. Selesai.

Untuk mengganti template dengan ekstensi notepad .txt contoh impoint.txt . Cara mengganti template sebenarnya hampir sama. Masuk ke Template, pilih Edit HTML. Lalu Centang Expand Widget Template. Tekan CTRL+A lalu Delete.

Kemudian, copy script kode yang ada di file Anda (Contoh : template.txt) . Paste dan letakkan di situ, dan klik Pratinjau untuk melihat. Kalau telah sesuai dengan keinginan Anda, klik Save Template.

Tentu bagi Anda yang telah Master Blog, cara mengganti template terbilang sangat sederhana dan mudah. Tetapi, saya memberithukan kepada para pemula blog yang ingin mengganti template. Topik artikel tadi membahas Cara Mengganti Template Blog yang baik dan benar. Semoga dapat bermanfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan kalian dibidang blogging. Terimakasih ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar