Kamis, 28 Februari 2013

Menghilangkan Langgan Entri Atom dan Subscribe Komentar

Secara default pada setiap template blog, memiliki Elemen Langgan : Entri (Atom) atau Subscribe Poskan Komentar ( Atom ). Elemen ini memang bukan merupakan masalah bagi pengguna blog, tetapi membuat halaman posting kita menjadi berantakan dan memperbesar ruang.

Untuk mengefektifkan penataan ruang dan tampilan halaman pada artikel kita dapat menghilangkan langgan entri atom ini. Sesuai dengan namanya Langgan: Entri (Atom) adalah fasilitas untuk berlangganan artikel/posting, sedangkan Subscribe to: Poskan Komentar (Atom) adalah fasilitas berlangganan bagi pengunjung yang ingin mengetahui komentar-komentar atas posting/artikel dari blog yang bersangkutan. Biasanya tampilan komentar pada blogger disematkan hingga beberapa komentar saja agar dapat menghemat ruang.

Fitur dari tools Langgan dan Subscribe ini sebenarnya telah ada di fasilitas berlangganan yang merupakan product resmi Google yaitu feedburner.com. Maka dari itu, agar tampilan design pada halaman kita menjadi rapih dan teratur kita dapat menghilangkan beberapa fitur elemen yang tidak diperlukan.

Cara Menghapus Langgan : Entri (atom) :
1. Login ke Blogspot => Pilih Rancangan/Template => pilih Edit HTML, kasih centang pada kotak Expand Template Widget dan gunakan tombol Find (CTRL+F) untuk memudahkan pencarian kode.
2. Cari kode di bawah ini:
<b:include data='feedLinks' name='feedLinksBody'/>
3. Hapus kode tersebut lalu Save Template.

Cara Menghilangkan Subscribe to: Poskan Komentar (Atom):

1. Login ke Blogger => Pilih Rancangan/Template => pilih Edit HTML, kasih centang pada kotak Expand Template Widget dan gunakan tombol Find (CTRL+F) untuk memudahkan pencarian kode.
2. Cari kode di bawah ini:
<div class='feed-links'>
<data:feedLinksMsg/>
<b:loop values='data:links' var='f'>
<a class='feed-link' expr:href='data:f.url' expr:type='data:f.mimeType' target='_blank'><data:f.name/> (<data:f.feedType/>)</a>
</b:loop>
</div>

3. Hapus semua kode tersebut. Lalu Save Template anda.

Dengan melakukan langkah diatas, elemen Atom tersebut tidak lagi terlihat di halaman Posting artikel anda. Demikian tutorial singkat mengenai cara hapus/menghilangkan langgan entri atom dan subscribe to post a comment di blogspot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar