Sabtu, 02 Februari 2013

Cara Membuat Kotak Search Box Google Simple


Di dalam sebuah kotak pencarian pada Search Engine seperti Google, tentu memiliki algoritma tersendiri dalam mencari suatu keyword yang ingin dicari oleh pengunjung. Berbeda dengan sebuah situs atau website yang meletakkan kotak penelusuran ini untuk menambah traffik dari link internal dan lebih akan meningkatkan popularitas dan penilaian lebih dari Search Engine.

Tidak disadari bahwa pada dasarnya apabila banyak yang mencari sebuah kata kunci dan mengarah ke blog kita itu akan menambah traffik yang pesat. Bukan hanya pencarian dari Search Engine di Google tetapi juga berdasarkan pencarian yang ada di dalam kotak penelusuran blog kita. Untuk itu, kita dianjurkan untuk membuat kotak search tersebut agar memudahkan pengunjung dan pembaca yang sedang sulit.

Cara Membuat Kotak Search Box ini sebenarnya ada di dalam Tambah Gadget pada Blogger namun hasil pencarian dari pilihan tersebut akan dihitung sebagai pencarian dengan fasilitas Google Search yang ada pada kotak penulusuran. Sebenarnya ada 3 buah pilihan untuk opsi pencarian yang ada pada kotak search yang ada pada Blogger. Tetapi, untuk lebih meningkatkan traffik tentu kita harus membuat kotak search yang akan mengindex ke halaman blog kita sendiri. Apabila diibaratkan, blog kita adalah sebagai search engine juga hanya saja semua hasil pencarian berasal dari dalam tubuh blog.

Bagaimanakah Cara Membuat Search Engine Simple ini? Caranya ikuti saja terus panduan artikel saya ini yang membahas lengkap mengenai tutorial blogger dan semua yang terkait dengan blog.

Cukup dengan masuk ke Layout lalu pilih element dan Tambah Gadget / Widget. Copy script kode berikut ini didalamnya :

<style type="text/css">
#mediablogger-searchbox {
    border-radius: 5px;
    background: URL(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhINTEI3w00G_A_zHX7TmHudEA3_vryVGA5hLZItbZ1IXhxj3AQF6PQiEYbueFT0If4JKkY3SlkAJ4oFsN08DHTIg35sg9U6y27-rTPlV7NTgHj_99OHWd6bdGsmnQUIALcyLcbT_FvO-bp/s1600/impoint.blogspot.com-search-box.png) no-repeat scroll center center transparent;
    width: 307px;
    height: 50px;
    disaply: block;
}

form#mediablogger-searchform {
    display: block;
    padding: 10px 12px;
    margin: 0;
}

form#medialogger-searchform #s {
    padding-left: 24px !important;
    padding: 7.5px;
    margin: 0;
    width: 220px;
    font-size: 14px;
    font-family: verdana;
    vertical-align: top;
    border: none;
    background: transparent;
}

form#mediablogger-searchform
#sbutton {
    margin: 0;
    padding: 0;
    height: 40px;
    width: 44px;
    vertical-align: top;
    border: none;
    background: transparent;
}
</style>
<div id="mediablogger-searchbox">
    <form id="mediablogger-searchform" action="/search" method="get">
        <input type="text" id="s" name="q" value="Search..." onfocus='if (this.value == "Search...") {this.value = ""}'
        onblur='if (this.value == "") {this.value = "Search...";}' />
        <input type="image" src="http://img1.blogblog.com/img/blank.gif" id="sbutton"
        />
    </form>
</div>
Apabila Anda menggunakan script diatas untuk membuat kotak search simple ini, maka hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut :
Perancangan sebuah blog memang dibutuhkan agar semua fasilitas dapat berhubungan dengan baik tanpa mengurangi nilai index di Search Engine. Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cara Membuat Kotak Search Box Google Simple ini. Semoga panduan tadi dapat bermanfaat. Salam sahabat Media Blogger. **)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar