Jumat, 23 Agustus 2013

Mencegah Sebuah Situs terkena Penalti Google Penguin

Beberapa bulan lalu, Google meluncurkan Penguin untuk melawan para spammer SEO yang berasal dari teknik posting dan link building. Langkah ini diambil, untuk membersihkan hasil pencarian mesin pencari dari pengoptimalan SEO yang agresif / berlebihan yang berusaha keras untuk meningkatkan suatu situs masuk dalam peringkat tinggi melalui membangun link dengan kualitas rendah.
google panda
Tujuan dari post ini adalah untuk mencegah situs/blog/ pemilik usaha yang melakukan banyak hit ke situs-situs yang merupakan penyebab utama anda terkena Penalti Google Penguin. Di bawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan blog anda terkena sapuan Google Penguin dan Google Panda.

- Kemiripan Kata Kunci, Tittle Tag, dan Halaman Web
Banyak kesalahpahaman yang terjadi pada Google Penguin update tentang mendapatkan link yang berkualitas rendah dari anchor text yang sama. Contoh sederhananya adalah Jika anda membuat sebuah artikel kemudian menggunakan kata kunci yang sama pada Tag judul dengan berulang-ulang, atau membangun sebuah frase kata kunci yang sama dalam halaman web dengan menargetkan anchor teks yang sama dengan sangat banyak dan berlebihan maka akan membuat anda akan mendapatkan link dengan kualitas rendah dan buruk. Apalagi ditambah beberapa link yang tertanam pada situs anda juga melakukan hal yang serupa tentu situs akan terkena dampak yang sangat menurun.

- Tidak hanya mengulang frase dan kata kunci, tetapi juga Keyword Stuffing
Optimasi mesin pencari tidak hanya sebatas SEO secara agresif semata, namun lebih dari itu. Google menetapkan aturan yang sangat keras terhadap pengoptimalan mesin pencari setiap website tidak untuk mencari pengunjung. Jadi, apabila anda membuat sebuah situs hanya dengan tujuan mendapatkan banyak traffik serta pengunjung namun konten yang anda berikan dangkal dan tidak berguna, itu salah besar.

Anda sebagai pemilik usaha dan pembangun blog/website harus bertujuan terhadap kualitas artikel yang anda tulis meskipun mungkin maksud anda adalah untuk mencari keuntungan. Faktor Keyword stuffing ini sangat diperhatikan oleh Google, oleh karena itu hindarilah copy paste artikel dan tingkatkan kreatifitas, keunikan konten anda.

- Kesengajaan Google yang tidak disadari, jangan menargetkan peringkat hasil pencarian
Kesalahan yang sering tidak dipahami oleh para SEO adalah dari sisi bagaimana Google bekerja. Google tidak akan menghukum website dengan menganalisis satu sisi dari cerita. Jika seorang webmaster membuat pelanggaran di semua tiga aspek: frasa diulang dalam tag judul, halaman web dan jangkar teks berarti web master tidak mengabaikan optimasi mesin pencari.
Webmaster sangat menyadari SEO dan mengoptimalkan situs mereka sengaja demi peringkat.
Oleh karena itu kombinasi dari semua teknik di atas mengarah ke hukuman Penguin. Google bukan tidak bertindak, tetapi ada hal lain yang lebih diperhitungkan. Google tidak akan menghukum secara manual penguin update untuk jutaan halaman web. Spider Google harus mengikuti proses untuk mengidentifikasi pola-pola tertentu teknik penipuan digabungkan dengan seo.

Salah satu faktor umum adalah menggunakan konten yang sama di beberapa situs Web. Dan contoh klasik adalah mengirimkan tag judul dan deskripsi meta halaman web dalam berbagai direktori. Ini adalah cara mudah bagi Google untuk mengotomatisasi untuk mencari link yang berkualitas rendah.

Bahkan para profesional seo telah menggunakan konten yang berbeda selain konten yang ada di halaman web, tetapi deskripsi yang sama di banyak direktori pasti bentuk bangunan link demi peringkat.

Salah satu teknik spam yang lebih umum adalah artikel pemasaran. 500 kata atau artikel yang sama mengirimkan di direktori artikel. Berikut ini adalah mudah bagi Google untuk mengetahui konten yang sama dan kotak sumber daya yang sama dengan anchor teks yang sama. Ini baik-baik saja sama jangkar teks dengan bio sama tapi artikel harus berbeda. Dengan artikel yang berbeda di website lain webmaster memberikan kontribusi kepada pengunjung dan sebagai imbalannya ia mendapatkan link yang tidak akan berada di bawah radar hukuman Penguin.

Contoh kasus : anda membuat sebuah artikel, kemudian mengirimkan ke berbagai direktori atau social bookmarking dengan konten yang sama. Maka Google dapat dengan mudah mengenali pola ini yang hanya bertujuan untuk meningkatkan peringkat.

Google selalu pintar, tetapi juga memiliki kelemahan. Hal ini tidak dapat peringkat manual setiap situs web atau tidak dapat menghukum setiap situs web. Google perlu untuk mengotomatisasi. Setelah web spam tim Google mengidentifikasi penyalahgunaan umum diikuti oleh industri SEO itu akan muncul pembaruan. Ikuti praktik terbaik dari link building pada halaman optimasi terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar