Kamis, 01 Agustus 2013

Memperbaiki Error Missing required field "updated" dan hcard author

Setelah kita melakukan peninjauan dengan tools Uji Coba Data Terstruktur pada Google Webmaster Tools, terkadang banyak rekan blogger yang mengalami masalah dengan pemberitahuan, Warning : Missing Required field "updated" dan Missing required field hcard "author". Untuk cara memperbaiki dan mengatasinya mari lihat panduan di artikel ini.
hcard author missing

Google Structured Data Testing ini menguji hal Penyempurnaan HTML di dalam situs anda. Data-data ini dinamakan Microformat Data. Jika setelah menguji terdapat error mengenai Contoh tampilan di hasil pencarian, kemudian anda mengabaikan peringatan tersebut maka blog anda SEO nya tidak akan bisa maksimal, saya sarankan agar jangan mengabaikan pesan Error tersebut jika muncul pesan Error seperti itu berarti Blog anda belum memiliki Standard Microformat Google yang umum, lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Langkah Memperbaiki error Rich Snippet Tools pada Webmaster Google :
1. Login ke blogger.com
2. Masuk pada bagian Template
3. Pilih Edit HTML
4. Carilah kode <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>

Setelah ditemukan, silahkan tambahkan code di bawah ini di bawah kode tersebut. Anda dapat copy paste letakkan dibawahnya.
<div class='vcard' id='hcard- Nama blog '>
    <span class='fn n'> 
         <span class='given-name'>Posted by: nama anda</span>
     </span>
          <a class='updated' href='alamat blog anda' rel='bookmark'>Nama blog anda</a>
           Updated at : <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'>
           <data:post.timestamp/></abbr>
</div>
Ganti tulisan berwarna biru dengan Nama yang terdapat pada Meta Tag / Profile Google+, dan Ganti alamat blog dengan URL anda.

Jika anda tidak ingin menampilkan bagian tersebut di halaman posting anda, gunakan kode yang ini :
    <div class='tagblog'>
    <div class='vcard' id='hcard-Ahmad Ridwan'>
    <span class='fn n'>
    <span class='given-name'>Written by: Ahmad Ridwan</span>
    </span>
    </div>
    <a class='updated' href='http://impoint.blogspot.com/' rel='bookmark'>Media Blogger, </a> Updated at: <abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></div>

Informasi ini dibutuhkan untuk memberitahukan pada robot search engine agar artikel anda diketahui siapa pembuatnya (author) kapan artikel tersebut dibuat (updated), jika tidak ada bagian tersebut, maka artikel yang anda publish akan lama terindex karena tidak jelas waktunya (timestamp-link). Mungkin, sekian tutorial kali ini semoga dapat membantu menyelesaikan masalah error pada blog anda.

Buat pengunjung yang ingin mencoba Tools Rich Snipet ini silahkan ke Google Webmaster Tools ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar