Rabu, 13 Maret 2013

Panduan Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Website

web design
Sedikit lebih menarik artikel saya yang berjudul Panduan Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Website ini. Beberapa pertimbangan yang menjadi dasar untuk situs yang akan ditampilkan di halaman pertama google salah satunya adalah Pagerank.

Setelah meneliti dan dikirim email oleh Pihak Webmaster Google saya baru mendapatkan informasi baru yang tentunya akan sangat baik dalam mengembangkan web/blog kita. Ada beberapa hal pokok yang menarik buat saya khususnya mengenai sisi lain dari Pagerank sebagai 'metrik' atau lebih kepada ukuran nilai suatu website.

Beyond PageRank: Graduating to actionable metrics begitulah judul yang diberikan.
Banyak berbagai macam situs yang mengharapkan mendapatkan pagerank tinggi. Tetapi yang perlu anda ketahui adalah Pagerank Bukan Segalanya. Memang sedikit mengharukan karena blog saya ini baru berdiri sebulan dan telah mendapatkan pagerank 1 namun perhitungan google di tahun 2013 sedikit berubah.

Jika kita memperhatikan Google Technology Overview, kita akan mengetahui bahwa top ingredients yang memicu baiknya SERP (Search Engine Result Page) sebuah website adalah faktor relevansi dan signifikansinya dengan data yang dicari user. Dengan ini jelas bahwa nilai hakiki sebuah website/blog adalah nilai relevansi. Seberapa besar artikel yang dicari oleh pengguna search engine cocok dengan konten yang kita buat. Oleh karenanya artikel yang baik dan berkualitas saja yang akan tampil di hasil utama mesin pencari.

Sedangkan Jumlah Links In Backlink dan Rangking Blog hanya menempati sekitar 18% faktor di hasil pencarian tersebut. Tips SEO untuk Desain Website anda dapat menjadi relevansi dalam membangun sebuah situs yang baik.

Indikator untuk Meningkatkan Kualitas Website / Blog :
1. Conversation Rate
Conversion rate adalah persentase seberapa besar visitor melakukan interaksi (melakukan konversi) dibandingkan dengan yang hanya melihat design website kita. Conversion Rate bisa dalam bentuk membeli produk (ecommerce), signing up pada mailing list, mengklik iklan, memberikan donasi, mendownload file, atau bahkan hanya memberi komentar.

Adapun implementasi untuk memperbaikinya dapat dilakukan dengan memperbaiki deskripsi suatu produk (ecommerce), meningkatkan kepercayaan publik, design website yang mudah / menarik, mengangkat suatu topik artikel yang unik dan benar-benar baru dan lain-lain.

2. Bounce Rate
Bounce Rate merupakan presentasi seberapa besar pengunjung meninggalkan halaman blog anda berdasarkan waktu kunjungan. Bounce ini terjadi ketika seorang visitor mengunjungi halaman blog kita lalu tidak tertarik kepada artikel yang kita buat sehingga membuat halaman yang dibuka oleh pengunjung akan segera ditutup.

Cara memperbaiki dan meningkatkan jumlah bounce rate ini dapat dilakukan dengan memberi deskripsi konten yang sesuai dan konsisten sehingga tema suatu konten tidak jauh berbeda dari tema sesungguhnya. Selain itu anda juga bisa menawarkan konten yang saling berkaitan atau memakai plugin featured post yaitu post pilihan yang menjadi andalan di situs kamu. Bisa juga dengan menambahkan Related Post / Artikel yang berkaitan berdasarkan kategori konten anda.

3. Clickthrough Rate (CTR)
Dalam konteks organic search results, Clickthrough rate adalah berapa sering user mengklik website/ blogmu sebanyak jumlah websitemu itu ditampilkan dalam search result. CTR yang rendah dapat mengindikasikan bahwa user mengira website/ blogmu tidak relevan dengan data yang dicarinya, atau mungkin user menemukan web lain yang lebih baik.

Dan cara untuk meningkatkan clickthrough rate ini adalah dengan memperhatikan dan memperbaiki title dan deskripsi website/ blogmu. Apakah deskripsinya sudah menarik, sudah konsistenkah dengan tema tulisan dan memberikan informasi bukan hanya sebatas posting? Atau adakah alasan unik yang dapat ditawarkan kepada user untuk mengklik link ke website/ blogmu?
Disamping 3 hal di atas, masih ada beberapa faktor lain yang dapat dijadikan ukuran baiknya website/ blog kita seperti faktor traffic, daily reach, jumlah pageview dan time on site.
Faktor-faktor lain tersebut bisa juga dilakukan dengan meningkatkan rangking alexa dengan cepat dan signifikan. Untuk membuat artikel kita lebih baik bagi pengunjung sekaligus di mata search engine, silahkan anda baca juga mengenai Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly. Demikianlah tulisan artikel yang singkat dan sederhana ini, semoga dapat bermanfaat sebagai pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar