Selasa, 07 Mei 2013

Cara Membuat Blog

Cara Buat Blog Gratis dengan Mudah dan Cepat - Cara Membuat Blog pada umumnya relatif mudah dilakukan. Hal ini karena kita tidak membutuhkan modal, tidak membutuhkan tempat kerja, dan tidak membutuhkan berbagai macam barang. Karena sifatnya seperti virtual, kita dapat membangun sesuatu yang nanti akan bermanfaat untuk kita. Contohnya membuka toko online, mengikuti program affiliate, belajar di e-learning, membuka pelatihan, dan lainnya. Pada umumnya cara membuat sebuah blog tidak membutuhkan waktu terlalu lama dan dapat dibuat dengan gratis. Beberapa penyedia layanan pembuatan blog yang gratis diantaranya adalah Blogger.com , Wordpress.com , Multiply dan lainnya. Sedangkan untuk yang berbasis framework dan berbayar seperti Wix, Codeignitier, Joomla dan lain sebagainya.
membuat blog gratis

Berbeda dengan membuat website yang membutuhkan beberapa program pendukung, dalam membuat blog tidak membutuhkan apapun karena semua komponen telah tersedia berdasarkan layanan yang digunakan.

Buat Anda yang sudah memahami tentang cara membuat blog, artikel ini boleh dibaca atau juga tidak tetapi untuk yang masih pemula silahkan ikuti panduan dan tutorial lengkap mengenai cara buat blog gratis dengan platform Blogger ini. Mengapa saya merekomendasikan kepada kalian semua harus memilih blogger?

Beberapa alasan mengapa Anda membuat blog gratis dengan Blogger.com adalah :
  • Blogger merupakan Product dari Google.
  • Support ke semua layanan Google, seperti Gmail, Google Plus, Google Analytics dan sebagainya.
  • Mudah untuk melakukan pengeditan ( HTML 5 dan CSS )
  • Tampilan yang simple dan mudah digunakan serta dipahami.
  • Memiliki berbagai macam jenis template gratis yang dapat anda gunakan dimanapun.
  • Plugin dan Gadget telah ada di dalam blogger tersebut hanya tinggal kita tambahkan atau tidak.
Sebenarnya ada banyak sekali layanan blog gratis yang bisa kita pakai, tetapi untuk yang belum bisa membuat blog lebih baik membuat blog di blogger.com saja, karena menurut saya blogger.com sangat cocok sekali untuk yang baru belajar. Untuk cara membuat blog gratis di layanan seperti wordpress dan blogdetik insya Allah akan saya bahas ditulisan yang lainnya.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com :
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat blog yaitu :
Judul Blog adalah sebuah judul yang merupakan sebuah kata utama mengenai isi blog Anda. Jadi, apabila anda ingin membuat blog untuk berjualan maka buatlah judul yang berkaitan dengan kata jualan. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi kesuksesan blog Anda.
URL adalah alamat blog anda. Alamat ini digunakan untuk melihat blog Anda dan mengarahkan pencarian search engine ke halaman kalian.
Template Blog adalah bagian antarmuka dari tampilan blog Anda yang akan diperlihatkan ke publik atau semua orang.
Tahapan membuat blog di blogger.com:
1. Anda harus sudah memiliki akun Gmail, jika belum silahkan buat email baru gmail, caranya klik pada link tersebut
2. Anda sudah menentukan tema blog yang akan di buat, apakah tentang kesehatan, agama, tips memasak, bisnis online, atau sekedar mengisi artikel yang temanya bebas. (saya harap tidak), dan hendaknya anda memilih tema yang anda kuasai dan anda senangi agar anda bisa dengan mudah merawat dan mempertahankan blog tersebut dengan perasaan hati yang senang.

3. Pilih nama alamat blog (nama domain) yang sesuai dengan tema blog anda, singkat, mudah di eja (diketik), mudah diingat, dan termasuk kata yang sering dicari pada tema tersebut, misal anda membuat bisnis online tentang jasa pelayanan penerbangan, maka anda bisa menggunakan nama domain: terbangmurah.com atau terbangmurah.blogspot.com Tapi jika tidak bisa karena sudah banyak yang menggunakan kata tersebut maka carilah kata yang unik.

Dan usahakan pula tidak menggunakan angka atau tanda penghubung (-) karena ternyata banyak yang mudah melupakan angka tersebut dan juga kata yang terletak setelah tanda penghubung (-). Mungkin ada yang bertanya mengapa harus mengusahakan demikian? jawabannya: ya untuk mempermudah pengunjung anda kembali ke blog anda karena alamat blognya mudah diingat. Selain itu Mesin Penelusuran Google senang dengan bahasa yang baku jadi ini termasuk optimasi SEO karena saudara menggunakan kata kunci tema blog saudara sebagai alamat blog (nama domain). Intinya adalah sebuah harapan agar banyak yang datang ke blog anda melalui jalur Pencarian di Google.

Fungsi dan kegunaan membuat blog dapat anda rasakan. Mulai dari berbagi pengalaman, berbagi ilmu, motivasi hidup, mencari keuntungan, dan mencari hiburan.
Untuk melihat tutorial cara membuat blog terlengkap silahkan baca artikel Cara Buat Blog Pribadi Gratis Lengkap dengan Gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar