Minggu, 26 Februari 2012

Rekor Dunia Baru Pria Terpendek di Dunia

Pria Nepal berusia 72 tahun, Ahad (26/2), dinobatkan sebagai pria terpendek baru yang pernah hidup di dunia. Menurut laporan Associated Press, seorang dokter dan pihak Guinness World Records juga sudah resmi mengukur tinggi pria bernama Chandra Bahadur Dangi itu setinggi 54,6 sentimeter.

Perwakilan resmi Guiness, Craig Glenday, memberikan Dangi dua serifikat yakni untuk rekor pria terpendek di dunia yang
pernah hidup dan manusia terpendek di dunia yang tercatat dalam sejarah 57 tahun Guinness. "Aku sangat bahagia. Sekarang aku ingin berkeliling Nepal dan negara-negara lainnya," kata Dangi usai pemberian seritikat.

Dangi juga mengaku tak berhasrat untuk menikah atau memiliki keluarga, tetapi ia bertekad ingin bertemu dengan Perdana Menteri Nepal sesegera mungkin. Ia tinggal di sebuah desa pegunungan Rhimkholi, sekitar 400 kilometer barat Kathmandu, bersama adik laki-laki dan keluarganya. Ia juga memiliki lima saudara laki-laki yang rata-rata setinggi dirinya.

Ia mengaku tak pernah berkonsultasi ke dokter dan menurut pengakuan kerabatnya ia tak pernah mengalami sakit atau luka yang serius. Dokter yang mengukurnya juga memeriksa tak ada masalah kesehatan. Pihak keluarga mengaku hanya kebingungan ketika ia berhenti tumbuh.

Karena tinggi tubuhnya yang tak memungkinkan, Dangi tak pernah bekerja di luar rumah dan hanya melakukan pekerjaan rumah. Dangi merebut gelar rekor pria terpendek ini dari Junrey Balawing yang berasal dari Filipina dengan tinggi 60 sentimeter. Ia juga mengalahkan rekor Gul Mohammed dari India yang setinggi 57 sentimeter. Namun, Mohammed sudah meninggal dunia pada 1997.

Sebelum Dangi, Nepal juga memiliki pemegang rekor serupa. Khagendra Thapa Magar pernah dinobatkan pria terpendek di dunia dengan tinggi 67 sentimeter sebelum gelarnya diambil oleh Balawing pada Juni lalu. Keberadaan Dangi ini terungkap oleh seorang kontraktor yang sedang menebang pohon di hutan dekat desanya dan kemudian memberitahu media setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar